Chart Lagu di Indonesia Gak Ada Yang Bener!

adsense 336x280
chart-indonesia
Semua dari kita pasti bermimpi suatu saat Indonesia akan mempunyai Chart Lagu yang berkualitas dan Awards-Awards yang kredible dan berdasarkan data. Karena pada saat ini, sampai artikel ini ditulis, Indonesia belum mempunyai Chart atau Tangga Lagu yang serius dan kredibel. Semuanya abal-abal. Dikatakan abal-abal karena gak tau datanya dari mana, misalnya lagu A tiba-tiba jadi no 1 hanya karena populer. Padahal datanya gak jelas. Jumlah request dan lain-lain, tidak pernah dipublikasikan.

Contoh tangga lagu kredibel adalah Billboard 100. Data dikumpulkan dari semua laporan radio-radio di seluruh Amerika dengan jumlah request-nya. Data juga dikumpulkan dari Nielsen Soundscan sebagai yayasan yang menghitung penjualan lagu secara digital maupun secara fisik. Ditambah sekarang data dikumpulkan dari situs Youtube chanel VEVO berdasarkan jumlah penonton. Begitu banyak variable data yang dihitung dan diolah hingga menghasilkan skor tertentu untuk sebuah lagu bisa masuk ke dalam Chart.

Jangankan menjadi no 1, masuk chart-nya saja musisi bisa bangga. Makanya tangga lagu Billboard menjadi sejarah bagi industri musik seluruh dunia. Menjadi no 1 di tangga lagu itu artinya dibahas disemua media TV, cetak, online dan menjadi headline dimana-mana, diomongin dimana-mana, dipuja-puja lagunya, dipromosikan, akhirnya populer dan banyak orang yang beli digitalnya, banyak request di radio, banyak ditonton di Youtube, dll. Begitu besar dampak sebuah tangga lagu yang memang bener-bener terpercaya sesuai data. Bukan abal-abal seperti di kita, minggu ini yang jadi no 1 siapa kek kayaknya masyarakat udah gak peduli.

Indonesia kapan ya punya kayak gitu? -_-" adsense 336x280